Kapal Tongkang Yang Membawa Ratusan Warga Rohingya Terdampar di Aceh

0
53
Kapal yang dipenuhi ratusan warga yang sangat pilu, seperti kelelahan, mereka tidak bertemu dengan daratan dan makanan selama berminggu-minggu.

Di tengah hari yang terik, Juma’t 20-04-2018, setelah usai sholat jum’at, pesisir Pantai Kuala Raja Kab.Bireun, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam mendadak ramai.

Sebuah kapal tongkang besar dan sudah tua merapat ke tepi pantai sekitar jam 14:30 WIB.

Kapal tua tersebut dipenuhi dengan ratusan orang yang sangat pilu, seperti kelelahan dan mereka tidak bertemu dengan daratan dan makanan selama berminggu-minggu.

Mengejutkan sekali, ternyata penumpang dengan wajah pilu yang berada di kapal adalah orang-oang Rohingya.

Kapal tongkang yang masih terombang-ambing di pinggir Pantai Kuala Raja Kab.Bireun, Lalu warga pesisir melihat kapal yang penuh dengan orang-orang, langsung bergegas menolong untuk mendorong perahu sampai merapat ke Dermaga.

“Dari Pendataan sementara yang di lakukan, ada 73 Pria, 45 Wanita dan 18 anak-anak. Semuanya mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan akibat terombang-ambing di laut,” Ungkap Rahmat.

Dari yang didistribusikan lagsung oleh MRI Aceh, tampak selang Infus menggantung dan menempel di lengan para Pria Rohingya dan Anak-anak juga Wanita dengan wajah lesu dan tubuh yang melemah mendapatkan prioritas utama.

Hidayat selaku Koordinator MRI/ACT Bireun melaporkan, timnya telah mendampingi beberapa pengungsi Rohingya yang membutuhkan penanganan medis langsung.

“Belum ada Informasi kapan mereka berangkat dari Myanmar dan kenapa mereka melarikan diri dari sana. Saat ini seluruh pengungsi dari Rohingya itu sudah ditangani oleh Pemkab Bireun untuk dilakukan pendataan dan perawatan bagi yang sakit. Disini juga sudah ada BPBD Bireun dan TNI siap untuk membantu menangani para pengungsi. Tempat penampungan untuk mereka saat ini berada di aula SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) milik Pemkab Bireun,” ungkap Hidayat selaku Koordinator MRI Bireun.

Hidayat juga menambahkan jumlah pengungsi yang terdaftar di Bireun Jum’at 20-04-2018 Siang ini merupakan pengungsi kedua yang tiba di Aceh. Beberapa minggu lalu tepatnya Kamis, lima pengungsi Rohingya tiba terlebih dulu dikota Langsa Aceh. Mereka telah ditangani oleh pihak Imigrasi Aceh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here